Monday, February 19, 2007

Di Antara Batu-batu Candi

Pergi ke candi? hmmm lumayan juga nih ide. Meskipun terdengar sedikit membosankan bagi orang lain. Bagi saya yang pernah bercita-cita jadi Indiana Jones alias seorang archeologist, pergi mengunjungi candi merupakan hal yang menyenangkan. Aplagi kalau candinya memiliki banyak relief. Karena di antara relief-relief itu ada sesuatu yang menarik bisa di simak. Ada kebaikan yang bisa dipelajari, ada sejarah kebudayaan, ada tatakrama dan lain-lain, termasuk belajar burung!

Jika anda berkunjung ke candi di jawa tengah atau jawa timur, cobalah anda telusuri relief-relief yang menempel di dinding candi. Jika anda beruntung anda akan temukan burung kakatua, merak, pergam, bahkan kasuari (kalau yang ini menurut Prof. Somadikarta ada di Candi Penataran). Karena sampai sekarang untuk melihat relief kasuari di Candi belum ada kesempatan...(sebenarnya sih belum ada duit...)

Beruntung saya pernah berkunjung ke candi borobudur, mendut dan juga komplek prambanan (itu juga karena urusan kantor). Di sela-sela relief nan indah ternyata arsitek dari wangsa Syailendra tak lupa membubuhkan relief burung di candi borobudur. Bagi yang tertarik dengan Cryptozoologi, barangkali relief-relief ini akan membuat anda penasaran. Beberapa relief secara jelas menggambarkan Merak entah Pavo muticus atau spesies lain. Ada juga kakatua entah dari spesies apa? Beberapa relief serupa juga terdapat di candi prambanan. Di beberapa bagian relief juga terukir kejadian kebakaran hutan yang menyebabkan aneka burung (mungkin burung puyuh) kabur dari persembunyiannya. Mmmm nenek moyang kita ternyata ahli burung juga....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home