Wednesday, January 31, 2007

Mengamati Burung..
Apa yang Perlu Dibawa?


Itu pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh orang-orang yang tertarik mengamati burung pertamakali. Meskipun terlihat sepele, kalau kita tidak tahu apa yang harus dibawa ketika mengamati burung, percayalah pengamatan burung yang seharusnya menyenangkan akan menjadi sebaliknya. Apalgi kalau kita sampai terlupa membawa beberapa benda yang essensial untuk pengamatan burung misalnya binokuler (kok bisa mau ngamatin burung lupa bawa binokuler sih...?). Tapi ha-hal seperti ini dapat saja terjadi kalau kita tiak memperhatikan apa yang harus kita bawa ketika memulai perjalanan mengamati burung.

Menurut primbon khusus mengamati burung dan juga sedikit konfirmasi kepada arwah para leluhur, ada beberapa benda yang wajib dibawa ketika mengamati burung.
A. Perlengkapan utama

  1. Binokuler. Karena mata kita tidak setajam elang, jangan pernah lupa membawa benda yang satu ini ketika mengamati burung.
  2. Teleskop (kalau mau mengamati burung pantai), jangan lupa bawa tripodnya. Menggunakan teleskop tanpa tripod akan membuat pengamatan burung menjadi tidak mengasyikkan
  3. Buku panduan lapang yang sesuai dengan wilayah yang dikunjungi. Kecuali anda memiliki kemampuan sehebat Bas van Balen, Ben King, MacKinnon, buku panduan lapang bukan sesuatu yang penting dibawa ke lapangan
  4. Buku catatan, untuk mencatat jenis burung yang anda liat, siapa tahu tertarik membuat checlist pribadi burung-burung yang pernah dilihat.
  5. Tas untuk menyimpan semua peralatan yang harus dibawa. Masing-masing orang punya tipe tas yang disenangi. Saya menyarankan untuk membawa dua model tas yaitu tas selempang berukuran kecil untuk menyimpan buku panduan lapang dan alat tulis. Satu lagi adalah tas punggung untuk membawa perlengkapan selain itu.

B. Perlengkapan tambahan

  1. Payung atau jas hujan. Banyak orang yang gengsi or enggan membawa 2 perlengkapan ini, padahal kedua benda ini penting untuk menghindari kita dari hujan dan panas. Payung sangat berguna ketika mengamati burung di daerah yang sangat terbuka, waspadailah heatstroke dengan menggunakan payung. Payung bermanfaat ketika mengamati burung dengan menggunakan teleskop.
  2. Topi. Aneka jenis model topi tersedia di pasaran. Tapi pada intinya topi sangat berguna untuk mengurangi sengatan terik matahari.
  3. Kursi lipat kecil. Berguna ketika anda lelah berdiri sedangkan lingkungan todak memungkinkan duduk di tanah tanpa alas (karena basah, banyak sampah, dll).

Ingat..bahwa peralatan tersebut dibawa agar kegiatan pengamatan burung menjadi sebuah hobby yang mengasikan dan menyenangkan. Bagaimanapun juga hobby yang menyenangkan akan menarik banyak orang untuk bergabung dan jadi seorang pengamat burung.......

3 Comments:

At 6:49 PM, Blogger reyhanagata said...

informasi ini sangat berguna sekali bagi saya yang baru saja tertarik kepada bird watch. trims atas infonya

 
At 6:49 PM, Blogger reyhanagata said...

saya adalah orang awam yang mulai menyukai kegiatan bird watch. saya butuh banyak informasi tentang bird watch, trimakasis atas informasinya yang sangat berguna.

 
At 6:50 PM, Blogger reyhanagata said...

saya adalah orang awam yang mulai menyukai kegiatan bird watch. saya butuh banyak informasi tentang bird watch, trimakasis atas informasinya yang sangat berguna.

 

Post a Comment

<< Home